Apa Sih yang Membuat Seseorang Tidak Puas dengan Tubuhnya?

Body image (citra tubuh) adalah persepsi yang dimiliki seseorang mengenai bentuk fisik mereka. Poin penting dari body image adalah pikiran dan perasaan yang seseorang rasakan dari hasil persepsi yang dimiliki. Sudah semestinya, seorang individu memiliki positive body image (citra tubuh yang positif). Sayangnya, tidak semua orang dapat memiliki positive body image. Terdapat pula orang-orang yang mengalami ketidakpuasan terhadap tubuh mereka. Kondisi ini disebut dengan body dissatisfaction. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan seseorang tidak puas dengan tubuhnya? Yuk kita simak beberapa penyebabnya!

Ketika seseorang memiliki pikiran dan perasaan negatif tentang tubuhnya sendiri, body dissatisfaction dapat berkembang. Beberapa orang memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami body dissatisfaction daripada yang lain. Ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

Usia
Masalah body image dapet terjadi dari masa kanak-kanak sekalipun. Meskipun demikian, usia dewasa muda khusus nya wanita menjadi kelompok yang lebih beresiko untuk mengalami body dissatisfaction. Akan tetapi persepsi mengenai body image ini mulai dibentuk dari masa kanak-kanak dan remaja.

Gender
Remaja perempuan lebih rentan terhadap ketidakpuasan citra tubuh dibandingkan remaja laki-laki

Kepribadian
Orang dengan kecenderungan perfeksionis, orang berprestasi tinggi dan orang yang cenderung membandingkan diri bagi orang lain, berisiko lebih tinggi mengalami ketidakpuasan tubuh.

‘Appearance teasing’
Orang yang diejek karena penampilan mereka, terutama berat badan, terlepas dari penampilan atau berat badan sebenarnya, memiliki risiko lebih besar mengalami ketidakpuasan tubuh daripada mereka yang tidak.

Ukuran Tubuh
Dalam masyarakat kita yang sadar berat badan, ukuran tubuh yang lebih besar meningkatkan risiko ketidakpuasan tubuh.

Lingkungan
Ketika seseorang berada dalam lingkungan di mana orang-orang sekitarnya mengekspresikan perhatian terhadap body image dan mencontohkan perilaku penurunan berat badan, mereka lebih cenderung mengembangkan ketidakpuasan tubuh sendiri terlepas dari penampilan atau berat badan sebenarnya.

Source :
Healey, J. (2014). Positive body image. Thirroul, N.S.W., Australia: The Spinney Press.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Chat kami